VISI
Menjadi penyelenggara Pendidikan guru SD yang unggul dalam media pembelajaran SD berwawasan wirausaha dan berjatidiri pada tahun 2025
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan Program Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang mengembangkan media pembelajaran SD berbasis Edupreneur dan berjati diri
- Menyelenggarakan penelitian sebagai dasar meningkatan kualitas pembelajarandan pengembangan ilmu dalam bidang pendidikan sekolah dasar
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian untuk meningkatkan dan kesejahteraan masyarakat
- Memberikan peneladanan dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian yang Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas, Sinergis (UPGRIS)
- Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangkapengembangan ilmu dan pendidikan sekolah dasar.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan Program Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang unggul dan berjati diri
- Menghasilkan karya penelitian sebagai dasar peningkatan kualitas pembelajaran dan pengembangan ilmu dalam bidang pendidikan sekolah dasar
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas sebagai implementasi hasil penelitian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat
- Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas, Sinergis (UPGRIS)
- Mewujudkan jejaring kerja sama dengan dengan berbagai pihak dalam rangka pengembangan ilmu dan pendidikan sekolah dasar.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
Rumusan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang dinyatakan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) berdasarkan SN-Dikti dan Deskriptor KKNI sesuai level enam sebagai berikut:
PROFIL LULUSAN PROGRAM SARJANA (S1) PGSD
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) jenjang Sarjana diarahkan untuk menghasilkan sarjana strata 1 (S1) Pendidikan Dasar yang memiliki keahlian sebagai:
Profil Lulusan | Deskripsi |
Pendidik Sekolah Dasar | Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan yang unggul dan berkarakter melalui penguasaan materi yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu ke-SD- an dan pembelajarannya, berjiwa Pancasila, didukung kemampuan berbahasa dan berkesenian, jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, serta potensi melanjutkan ke pendidikan profesi sehingga menjadi guru profesional dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi. |
Asisten Peneliti Bidang
ke-SD-an |
Mampu memecahkan permasalahan pendidikan serta mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk
peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar yang bebas dari plagiarisme, dan mempublikasikannya dalam forum ilmiah. |
Praktisi dan Konsultan
Pendidikan |
Mampu mengelola dan mengevaluasi pendidikan dan pembelajaran, membina ekstra kurikuler, bertanggungjawab dan memahami etika profesi dengan baik di tingkat satuan pendidikan sekolah dasar. |
Edupreneur | Mampu mengaplikasikan dan mengorganisir konsep wirausaha dalam proses pembelajaran atau institusi pendidikan dalam menjalankan prinsip wirausaha yang baik demi suksesnya pendidikan. |