Halo Sobat fip!

Semarang, 20 Juli 2022

Sebanyak 220 peserta pemakalah mempresentasikan 68 artikel penelitian dipaparkan dalam undergraduate research colloquium yang bertemakan “Learning Mathematical Problem Solving”. Peserta terdiri dari mahasiswa S1 dan S2 Universitas PGRI Semarang serta bapak ibu guru. Acara ini dibuka oleh Ibu Dr. Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd.  beliau selalu mengajak kita untuk selalu responsive terhadap setiap situasi. Kegiatan kolokium juga merupakan wujud respon kita terhadap surat edaran kemendikbud ristek tentang publikasi karya ilmiah program sarjana agar mahasiswa menulis artikel. Artikel yang dipresentasikan dalam kolokium akan dipublikasikan dalam Prosiding, Jurnal dan Monograf.

Kegiatan kolokium diadakan secara hybrid yaitu pemaparan artikel oleh pemakalah dilakukan secara daring dan peserta yang tidak hadir di Ruang Seminar Gedung Pascasarjana lantai 5 dapat menyaksikan secara langsung paparan narasumber lewat Google meet. Kolokium ini menghadirkan narasumber ibu Dr. Supinah dari Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan bapak Dr. Bagus Ardi Saputro dari Universitas PGRI Semarang.

Melalui paparan yang sangat melibatkan partisipasi aktif peserta narasumber mengajak mahasiswa dan guru agar selalu memfasilitasi siswa untuk memiliki lima keterampilan matematika yaitu tentang keterampilan fakta bilangan, keterampilan aritmetika, keterampilan informasi, keterampilan bahasa, dan keterampilan visual spasial untuk memecahkan masalah.