Pendidikan Guru Sekolah Dasar

VISI               

Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang Unggul

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan Program Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang Unggul;
  2. Menyelenggarakan penelitian sebagai dasar peningkatan kualitas pembelajaran dan pengembangan ilmu dalam bidang pendidikan sekolah dasar;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian untuk meningkatkan dan kesejahteraan masyarakat;
  4. Memberikan peneladanan dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian yang Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas, Sinergis (UPGRIS);
  5. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka pengembangan ilmu dan pendidikan sekolah dasar.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan Program Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang Unggul;
  2. Menghasilkan karya  penelitian sebagai dasar peningkatan kualitas pembelajaran dan pengembangan ilmu dalam bidang pendidikan sekolah dasar;
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas sebagai implementasi hasil penelitian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat;
  4. Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas, Sinergis (UPGRIS);
  5. Mewujudkan jejaring kerja sama dengan dengan berbagai pihak dalam rangka pengembangan ilmu dan pendidikan sekolah dasar.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

 Rumusan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang dinyatakan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) berdasarkan SN-Dikti dan Deskriptor KKNI sesuai level enam sebagai berikut:

PROFIL LULUSAN PROGRAM SARJANA (S1) PGSD

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) jenjang Sarjana diarahkan untuk menghasilkan sarjana strata 1 (S1) Pendidikan Dasar yang memiliki keahlian sebagai:

Profil Lulusan

Deskripsi

Calon Guru Sekolah Dasar

Guru Sekolah Dasar baik formal maupun nonformal yang  mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi  dan mengembangkan pendidikan yang unggul dan berkarakter melalui penguasaan materi yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu ke-SD-an dan pembelajarannya, berjiwa Pancasila, didukung kemampuan berbahasa dan berkesenian, jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, serta potensi melanjutkan ke pendidikan profesi sehingga menjadi guru profesional dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

Asisten Peneliti Bidang ke-SD-an

Pengkaji permasalahan pendidikan di Sekolah Dasar melalui penyusunan rancangan, pelaksanaan, analisis dan pelaporan penelitian yang bebas dari plagiarisme, dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, berjiwa Pancasila, dengan didukung kemampuan berbahasa dan berkesenian, penguasaan teknologi informatika, serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yang linear dengan bidang penelitian pendidikan

Instruktur Senam

Mampu  merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan mempublikasikan berbagai kegiatan senam irama.

Pewirausaha

Pewirausaha mandiri maupun bekerja bersama orang lain untuk menghasilkan barang dan/atau jasa yang berhubungan dengan kependidikan dan bioteknologi sederhana.