PKM Pelatihan Pembuatan Sirup Jahe dan Marketing Secara Online

Masyarakat Kelurahan Sambirejo Ke. Gayamsari Kota Semarang dilatih untuk membuat dan memasarkan sirup jahe merah secara online. tanggal 3 Pebruari 2020 oleh Dr. G. Rohastono Ajie, M.Pd.

Pemanfaatan Marketing Online di Masyarakat Untuk Pemasaran

Produk Sirup Jahe Dipandang dari Sisi Manajemen

Disajikan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

PKM Pelatihan Pembuatan Sirup Jahe dan Marketing Secara Online

Bagi Masyarakat Kelurahan Sambirejo tanggal 3 Pebruari 2020

Oleh:

Dr. G. Rohastono Ajie, M. Pd

          Saat ini transaksi dalam pemasaran produk berorientasi digital. Mode pemasaran digital telah menyita perhatian masyarakat pengguna, baik bagi yang memasarkan produk maupun customer atau pemakai / pembeli.  Pemasaran digital tak pelak berkaitan dengan ketersediaan internet. Fungsi internet sebagai operator kegiatan pengiriman dan peneriman data pemasaran atau data transaksi yang mengharuskan pihak yang memasarkan selalu siap menerima pemesanan barang atau produk yang hendak dipasarkan. Pertanyaan yang muncul adalah apakah kegiatan pemasaran perlu direncanakan, bagaimana rencana dilaksanakan, bagaimana pelasanaannya, perlukah hanya dilanjutkan atau apakah perlu dikembangkan.

        Bila pertanyaan-pertanyaan di atas perlu dijawab, maka perlu memperhatikan ilmu manajemen. Manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian semua aktivitas dan semua unsur pendukung, pemimpinan semua sumber daya manusia untuk melaksanakan kegiatan, dan pengawasan. Kegiatan pemasaran memerlukan suatu manajemen. Menurut Sugiyo (2011: 27), bahwa kata manajemen sering digunakan dalam setiap organisasi, merupakan terjemahan dari bahasa inggris to manage, yang berarti mengelola. Kata mengelola mempunyai makna yang luas seperti mengatur, mengarahkan, mengendalikan, menangani, dan melaksanakan serta memimpin. Penerapan manajemen dalam pemasaran dinamakan manajemen pemasaran.

         Menurut Fattah (2003), bahwa manajemen merupakan suatu proses yang melibatkan fungsi-fungsi pokok, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan, dan pengawasan. Oleh karena itu, manajemen diartikan sebagai proses merencana, mengorganisasi, memimpin dan mengendalikan upaya organisasi dengan segala aspeknya agar tujuan organisasi tercapai secara efektif dan efisien.

          Berdasarkan pendapat para ahli tersebut di atas, maka manajemen merupakan kegiatan pengelolaan, yaitu suatu kegiatan yang diawali dari perencanaan, pengorganisasian semua aktivitas dan semua unsur pendukung, pemimpinan semua sumber daya manusia untuk melaksanakan kegiatan, dan pengawasan kegiatan untuk mengetahui apakah semua kegiatan telah dilaksanakan dan tujuan kegiatan telah tercapai secara efektif dan efisien. Bila manajemen dikaitkan dengan kegiatan pemasaran, yaitu suatu kegiatan yang diawali dari perencanaan pemasaran, pengorganisasian semua aktivitas dan semua unsur pendukung pemasaran, pemimpinan semua sumber daya organisasi untuk melaksanakan kegiatan pemasaran, dan pengawasan kegiatan pemasaran untuk mengetahui apakah semua kegiatan pemasaran telah dilaksanakan dan tujuan kegiatan pemasaran telah tercapai secara efektif dan efisien.

         Pemanfaatan marketing online di masyarakat untuk pemasaran produk sirup jahe  di Kelurahan Sambirejo Kecamatan Gayamsasri adalah salah satu contoh kegiatan sumber daya organisasi yang ingin mencapai salah satu tujuan yaitu agar produk sirup jahe dapat dijual dengan omset yang semakin meningkat. Menurut Wibowo (2015) pemasaran merupakan fungsi yang memiliki kontak paling besar dengan lingkungan eksternal, padahal perusahaan hanya memiliki kendali yang terbatas terhadap lingkungan eksternal. Oleh karena itu, pemasaran memainkan peranan penting dalam pengembangan strategi. Pengembangan strategi diperlukan juga karena berkembangnya produk yang ditawarkan oleh masyarakat Sambirejo antara lain sirup jahe, terutama strategi pemasaran antara lain melalui atau secara online.

         Dari penjelasan tentang manajemen dapat dikatakan fungsi manajemen adalah  sebagai proses perencana, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian upaya organisasi dengan segala aspeknya agar tujuan organisasi tercapai secara efektif dan efisien. Salah satu fungsi manajemen yang penting dan terkait satu sama lain adalah perencanaan. Dalam kegiatan pemasaran barang, perencanaan media penghubung antara produsen dan konsumen tanpa berinteraksi langsung. Perencanaan merupakan proses penentuan rencana, baik perencanaan itu sendiri, pelaksanaan, dan pengendalian penggunaan media, dalam hal ini penggunaan media marketing online untuk pemasaran produksirup jahe. Dengan demikian perencanaan berisi tahap-tahap pelaksanaan yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi.

        Dalam manajemen, pelaksanaan bisa dibagi dua yaitu pengorganisasian dan pengarahan. Menurut Afifudin (2015: 111), pengorganisasian berkait erat dengan perencanaan dan merupakan suatu proses yang dinamis, di mana manajer menentukan pekerjaan yang harus dilakukan, pengelompokan tugas, menentukan hubungan, membagi tugas kepada personil yang ada di organisasi. Organisasi adalah proses kerja sama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Sesuatu yang telah direncanakan dalam perencanaan, dilakukan mulai tahap pengorganisasian. Misalnya produsen sirup jahe bergabung dalam suatu organisasi yang membentuk klaster sirup jahe.

         Pengarahan atau penggerakan adalah membuat semua anggota mau bekerja sama dan bekerja secara iklas serta bergairah untuk mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan dan usaha pengorganisasian. Menurut Afifudin (2015: 152), apabila pemimpin atau ketua organisasi memberikan arahan untuk pelaksanaan tugas pengurus dan anggota organisasi, maka proses manajemen untuk merealisasi tujuan organisasi dimulai.

         Pengendalian adalah proses pemantauan, penilaian, dan pelaporan rencana atas pencapaian tujuan yang telah ditetapkan untuk tindakan korektif gunapenyempurnaan lebih lanjut. Menurut Afifudin (2015: 215), proses  pengendalian dilaksanakan ketika suatu program sedang dilaksanakan sampai ketika kegiatan tersebut selesai dilaksanakan.

         Dalam kegiatan pemanfaatan marketing online di masyarakat untuk pemasaran produk sirup jahe  di Kelurahan Sambirejo Kecamatan Gayamsari, pada saat dilaksanakan oleh pengurus dan pelaksana kegiatan perlu dilakukan pengendalian oleh pimpinan organisasimelalui proses pemantauan, Penilaian, dan pelaporan rencana atas pencapaian tujuan, apakah tujuan organisasi yang telah ditetapkan telah tercapai secara efektif.

Daftar Pustaka

Afifuddin. (2015). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung : Alfabeta.

Fattaah, Nanang. 2003. Landasan Manajemen Pendidikan.Bandung: Ramaja Rosdakarya.

Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya.

Wibowo, Arif. 2015. Manajemen Pemasaran Resume “Strategi Pemasaran”. https:// joeywibowo.wordpress.com/2015/04/25/manajemen-pemasaran-strategi-

 pemasaran/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *