GUSEDA CUP PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Guseda Cup merupakan turnament olahraga antar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Cabang Olahraga yang diselenggarakan di dalam Guseda Cup, meliputi Futsal (Putera dan Puteri), Bulutangkis (Ganda Putera dan Ganda Puteri) dan Tenis Meja (Putera dan Puteri). Tujuan dari Guseda Cup yaitu untuk menjaring Mahasiswa Program Studi PGSD yang mempunyai bakat di bidang Futsal, Bulutangkis dan Tenis Meja untuk maju di dalam PORSIMA. Maka dari itu HIMA PRODI PGSD menyelenggarakan Guseda Cup untuk menjaring bakat Mahasiswa yang akan maju mewakili PGSD dalam kegiatan PORSIMA.

Guseda Cup dilaksanakan sebelum Ujian Tengah Semester Gasal (UTS) atau pada tanggal 7-8 April 2017. Guseda Cup ini dilaksanakan atas persetujuan Ketua Program Studi Bapak Joko Sulianto, S.Pd, M.Pd. Panitia penyelenggara Guseda Cup terdiri dari pengurus HIMA PRODI PGSD. Guseda Cup tahun ini mengambil tema “Menjalin Sportifitas Mahasiswa PGSD melalui Kompetisi yang Sportif”. Peserta Guseda Cup tahun ini sebanyak  390 mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, yang dibagi menjadi 15 tim, yang setiap tim nya merupakan gabungan dari 2 sampai 3 kelas.

Pelaksanaan Guseda Cup dimulai dengan diadakannya upacara pembukaan pada tanggal 7 April 2017 di Kampus IV Universitas PGRI Semarang atau Gor Olahraga Universitas PGRI Semarang. Upacara Pembukaan dibuka dengan penerbangan balon dengan tulisan GUSEDA CUP 2017 oleh Ibu Fine Refiane, S.Pd, M.Pd. yang mewakili Ketua Program Studi Bapak Joko Sulianto, S.Pd, M.Pd. yang berhalangan hadir. Upacara pembukaan juga dihadiri oleh Perwakilan 3 lembaga tinggi yaitu BEM U, LKM dan DPM. Peserta upacara diikuti oleh Peserta Guseda Cup dan seluruh panitia. Setelah selesai Upacara Pembukaan dilanjutkan Pertandingan Futsal, Pertandingan Bulu Tangkis dan Pertandingan Tenis Meja.

Hari Pertama Guseda Cup dimulai dari pukul 07.00 s.d 19.30 WIB. pertandingan Futsal dilaksanakan hingga babak 8 Besar Puteri atau sebanyak 16 kali Pertandingan, setelah melewati babak penyisihan putera puteri. Pada Pertandingan Bulu Tangkis juga dilaksanakan hingga babak 8 Besar Ganda Putera dan Puteri. Berbeda dengan Pertandingan Tenis Meja yang dilaksanakan hingga Final sehingga pertandingan usai dihari pertama dan  telah diketahui  Juara 1, 2 dan 3 Putera Maupun Puteri.

Hari kedua Guseda Cup, Pertandingan Futsal dilanjutkan babak 8 besar Putera, Semifinal Grup, hingga Perebutan Juara 3 Putera dan Puteri. Kemudian dilanjutkan dengan Final Puteri. Sebelum menuju Pertandingan Final Putera, pertandingan dilanjutkan dengan Exibition (Pertandingan persahabatan antara Panitia Guseda Cup melawan Dosen Program Studi Pendidikan Guru Skolah Dasar). Sedangkan Pertandingaan Bulu tangkis dilanjutkan dengan Semifinal 1 Ganda Putera dan Ganda Puteri, lalu Semifinal 2 Ganda Putera dan Ganda Puteri. Kemudian, dilaksanakan Perebutan Juara 3 Ganda Putera dan Ganda Puteri yang dilanjut dengan Final Ganda Putera dan Ganda Puteri.

Kemudian  terciptalah Juara di setiap Pertandingan diantaranya yaitu:

Pertandingan Tenis Meja Putera, juara 1 dimenangkan oleh Tim 8 atas nama Andri Hermawan, juara 2 dimenangkan oleh Tim 1 atas nama Bagus Prasetyo Nugroho dan juara 3 dimenangkan oleh Tim 15 atas nama Wahyu Ragil P. Untuk Pertandingan Tenis meja Puteri, juara 1 dimenangkan oleh Tim 13 atas nama Erly Mardiana Sari, Juara 2 dimenangkan oleh Tim 10 atas nama Dian Nur Halimah, dan juara 3 dimenangkan oleh tim 7 atas nama Nurul Khafidhoh.

Pertandingan Bulutangkis Ganda Putera,  Juara 1 dimenangkan oleh Tim 4 atas nama Faris Himawan dan M. Amiq Syauqi. Juara 2 dimenangkan oleh Tim 10 atas nama Oktona Sukron Abdilah dan Ahmad Sholeh sedangkan juara 3 dimenangkan oleh Tim 9 atas nama Irwan Budhi P dan Indra Dio Mei. Untuk pertandingan Bulu Tangkis Ganda Puteri, juara 1 dimenangkan oleh Tim 11 atas nama Tiara Arif dan Rr. Cinde Puspitosari, Juara 2 dimenangkan oleh Tim 6 atas nama Nora Wahyu dan Nurma Dwi sedangkan Juara 3 dimenangkan oleh Tim 4 atas nama Wahyu Putri dan Pangestu Naslichori.

Pertandingan Futsal Putera, Juara 1 dimenangkan oleh Tim 13, juara 2 dimenangkan oleh Tim 1 dan Juara 3 dimenangkan oleh Tim 10. Untuk Pertandingan Futsal Puteri Juara 1 dimenangkan oleh Tim 12, juara 2 dimenangkan oleh Tim 10 dan Juara 3 dimenangkan oleh Tim 13.

Kegiatan Guseda Cup ditutup oleh Ketua Program Studi Bapak Joko Sulianto, S.Pd, M.Pd. Upacara Penutupan Guseda Cup juga diahadiri oleh beberapa Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dan diikuti oleh peserta Guseda Cup dan penonton Guseda Cup. Setelah Upacara Penutupan, dilakukan Penyerahaan Piala dan hadiah kepada masing – masing pemenang di dalam Pertandingan Guseda Cup. Penyerahan dilakukan dimulai dari Pertandingan Tenis Meja yang diserahkan oleh  Bapak Joko Sulianto, S.Pd, M.Pd. Selanjutnya dilanjutkan oleh Penyerahan untuk Pertandingan Bulu Tangkis yang diserahkan oleh Ibu Mei Fita Asri Untari, S.Pd, M.Pd. dan diakhiri dengan Penyerahan untuk Pertandingan Futsal yang diserahkan oleh Drs. Suyitno YP, M.Pd. Setelah Penyerahan piala dan hadiah kepada para pemenang, panitia mengarahkan para pemenang untuk menyetorkan nama para pemenang untuk pembuatan sertifikat. Pada kesempatan ini dimanfaatkan pula oleh para pemenang dan pendukung untuk melakukan sesi foto. Berikut adalah dokumentasi kekompakan antar pemain dan pendukung serta kemeriahan Guseda Cup 2017. Dengan itu maka berakhir pula lah serangkaian kegiatan Guseda Cup yang dilanjutkan rapat evaluasi oleh panitia penyelenggara kegiatan Guseda Cup agar penyelanggaraan kedepannya lebih baik lagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *