LATIHAN KETERAMPILAN MANAJEMEN MAHASISWA TINGKAT PRA DASAR ( LKMM-TPD) PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Pra Dasar (LKMM-TPD) merupakan suatu program kerja yang bertujuan untuk dapat mengubah cara pandang mahasiswa mengenai kuliah di Perguruan tinggi serta menambah wawasan mahasiswa mengenai keahlian dalam bidang organisasi, manajemen dan kepemimpinan (leadership).

Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Pra Dasar (LKMM-TPD) ini dilaksanakan pada tanggal 25-26 Maret 2017 hari Sabtu-Minggu sehingga tidak menggangu perkuliahan. LKMM-TPD ini dilaksanakan atas persetujuan dari ketua program studi dan bekerjasama dengan DPM. Panitia penyelenggara LKMM-TPD terdiri dari pengurus HIMA PRODI  PGSD. LKMM-TPD tahun ini mengambil tema Membangun Jiwa Kepimimpinan Mahasiswa yang Kritis dan Inovatif”. Peserta LKMM-TPD tahun 2017 diikuti sebanyak 80 mahasiswa yang belum mengikuti LKMM-TPD.

Sebelum LKMM-TPD dilaksanakan, panitia mengumpulkan Peserta pada tanggal 23 Maret 2017 untuk tehnical meeting memberi penjelasan tentang perlengkapan yang dibawa saat LKMM-TPD dan Pengumuman kelompok pensi serta kelompok out bound. Pada tanggal 25 Maret 2017 peserta dikumpulkan melakukan presensi pada pukul 07.00 s.d 08.00 WIB, setelah peserta semuanya kumpul dilanjutkan perjalanan menuju Balai pengembangan pendidikan khusus provinsi Jawa Tengah di Semarang. Sesampainya dilokasi peserta langsung melakukan presensi kedatangan dan peserta langsung diarahkan ke dalam aula untuk pembagian kamar antara laki-laki dan perempuan.

LKMM-TPD dimulai dengan dilaksanakannya upacara pembukaan yang dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB di aula SLB. Upacara pembukaan dibuka oleh Bapak M. Kristanto, S.Pd., M.pd selaku Wakil Dekan II Fakultas Ilmu Pendidikan dan dihadiri oleh Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yaitu Bapak Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd. Presiden dan wakil presiden mahasiswa beserta beberapa perwakilan DPM serta perwakilan dari ormawa dilingkup Fakultas Ilmu Pendidikan. Peserta upacara diikuti oleh peserta LKMM-TPD  2017. Setelah selesai upacara pembukaan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Bapak Joko Sulianto, S.Pd., M.PD. dengan materi “Sifat Kritis Konstruktif”dilanjutkan dengan sesi tanya  jawab. Pada pukul 13.20 WIB pemberian materi Bapak Henry Januar Saputra, S.Pd., M.pd dengan materi “Ketrampilan Berkomunikasi” sama dengan materi pertama yaitu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada pukul 15.40 WIB Pemberian Materi oleh Bapak Suyitno, S.Pd., M.Pd dengan Materi “Pengenalan dan Pengembangan diri” pada materi yang ketiga pemateri meminta peserta untuk menuliskan kelebihan dan kekurangan diri dari masing-masing peserta dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Materi 1, 2 dan 3  selesai dilanjutkan dengan ishoma (istirahat, sholat dan makan).  Kegiatan di malam hari setelah ishoma dilanjutkan dengan materi pada pukul 20.00 WIB oleh saudari Ika Purnamasari, S.pd. dengan Materi “Simulasi sidang” pada sesi ini tidak banyak materi yang sampaikan tetapi langsung mempraktikan tentang simulasi sidang lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Setelah Materi ke-4 selesai dilanjutkan dengan kegiatan pensi. Setiap Kelompok menampilkan pensi sesuai dengan tema yang sudah ditentukan oleh panitia yaitu ada drama, solo vocal, musikalisasi puisi, dan iklan pendek. Disela-sela kegiatan pensi sie konsumsi membagikan coffe break dan beberapa makanan ringan agar peserta tidak mengantuk, sekitar pukul 23.00 kegiatan pensi selesai dan dilanjutkan dengan istirahat tidur. Pada pagi hari pukul 05.00 peserta di bangunkan untuk sholat subuh dan di lanjutkan dengan outbond dibagi 5  post yaitu pos siram manja, gayamu kataku, sumpit manja, tepat sasaran dan umpan cinta. Kemudian dilanjut dengan ishoma sebelum dilanjutkan materi pada pukul 09.00 WIB oleh Bapak Dwi Utomo Nova Nugroho dengan Materi “Leadership” pada materi kali ini pemateri memperintahkan peserta untuk menuliskan kelebihan dan kekurangan dari Presiden Indonesia lalu perwakilan kelompok maju ke depan untuk mempresentasikannya.

Pukul 10.30 WIB peserta melakukan upacara penutupan. Upacara penutupan ditutup oleh Bapak Joko Sulianto S.Pd., M.Pd.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *