Student Exchange Program Sakti 2016

Dalam rangka mencari pengalaman dan ilmu yang lebih, mahasiswa PGSD FIP Universitas PGRI Semarang mengikuti kegiatan SAKTI (Strategi ALih Kredit dengan Pemanfaatan Teknologi dan Informasi). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan akses belajar mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas PGRI Semarang terhadap mata kuliah bermutu dari dosen-dosen Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia. Sistem pembelajaran tersebut menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk membekali mahasiswa agar memiliki softskill berupa penguasaan teknologi informasi. Pembelajaran ini memanfaatkan online learning atau daring.

Perguruan tinggi mitra dalam kegiatan ini adalah Universitas Muhammadiyah Makassar dan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya. Pemilihan kedua perguruan tinggi tersebut karena sesuai dengan persyaratan dalam panduan hibah SAKTI yag dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti. Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di kedua universitas tersebut memiliki akreditasi B dan bersedia untuk mengikuti program ini dan menyiapkan kegiatan untuk mahasiswa selama masa perkuliahan. Program studi PGSD Universitas PGRI Semarang memiliki hubungan yang baik dengan Universitas Muhammadiyah Makassar dan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya dan mampu bekerja sama karena tergabung dalam organisasi yang sama yaitu Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar Indonesia.

Melalui program ini prodi PGSD Universitas PGRI Semarang mengirimkan 30 mahasiswa pada dua universitas mitra, dengan rincian 8 (delapan) mahasiswa semester 5 dan 7 (tujuh) mahasiswa semester 3 pada masing-masing universitas. Mahasiswa akan mengikuti proses perkuliahan 2 (dua) mata kuliah yang sama di Universitas mitra selama 1 (satu) bulan 7 (tujuh) hari. Untuk mata kuliah lain yang ditinggalkan selama mengikuti program SAKTI mahasiswa  melaksanakan perkuliahan dengan sistem daring dengan masing-masing dosen pengampu.

Program yang dikembangkan untuk mahasiswa dari kedua universitas mitra adalah 1) pelibatan mahasiswa program SAKTI dalam kegiatan yang diselenggarakan Hima Prodi PGSD; 2) mengikutkan mahasiswa program SAKTI dalam kegiatan ekstrakurikuler dalam UKM; 3) mengikutkan mahasiswa dalam kegiatan pengembangan seni melalui Omah Sketsa yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan.

Mata kuliah yang dialihkreditkan adalah mata kuliah (1) Strategi Belajar Mengajar (2 sks) pada semester 3; (2)Pendidikan Berbahasa dan Bersastra Indonesia di Kelas Rendah (2 sks) pada semester 3; (3) Inovasi Pembelajaran (2 sks) pada semester 5; dan (4) Pendidikan Seni Musik (2 sks) pada semester 5.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *