WORKSHOP READING BUGS-KOMUNITAS READ ALOUD INDONESIA KERJA SAMA AXA DAN PROGRAM STUDI PG PAUD FIP UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Pertumbuhan otak anak pada enam tahun pertama dalam kehidupannya, lebih cepat dari pada periode lain dalam hidupnya; dan perkembangan awal ini akan menentukan masa depan anak. Pada masa ini, dasar pendidikan untuk masa depannya diletakkan. Rangsangan pada periode ini mempengaruhi otak anak dan perkembangan motoriknya. Riset membuktikan bahwa membaca adalah kemampuan yang dilatih; maka makin banyak anda membaca, makin ahli anda dalam membaca.

Latar belakang dari kegiatan workshop ini adalah Manusia merupakan makhluk yang suka dengan hal-hal yang dirasa menyenangkan bagi dirinya (pengalaman membaca itu sendiri, subjek yang dibacakan dan contoh dari orang yang membacakan), dan membaca merupakan suatu kemampuan yang didapat dengan dipelajari.

Berdasarkan latar belakang itulah maka program studi PG PAUD FIP Universitas PGRI Semarang mengadakan workshop Reading Bugs bekerjasama dengan komunitas Read Aloud Indonesia dan AXA untuk meningkatkan kemampuan membaca anak pada usia dini.

Read Aloud adalah suatu aktivitas sederhana, dimana guru menyisihkan waktu untuk membacakan cerita kepada murid, secara terus menerus bukan saja untuk membuat murid mau membaca, tapi juga mengajarkan murid biasa mendengar (listening leveli) dan akhirnya bisa membaca (independent reading).

Workshop Reading Bugs dari Komunitas Read Aloud Indonesia dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yaitu pada tanggal 10 – 11 Mei 2016, bertempat di Gedung Utama 613 – 615 Kampus Universitas PGRI semarang. Peserta dalam kegiatan ini ± 300 peserta, yang terdiri dari Himpaudi Jawa Tengah dan Kota; IGTKI, Forum Pos PAUD 9FPP) Kota, Sekolah mitra; dan mahasiswa PG PAUD FIP Universitas PGRI Semarang.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 tahup. Tahap I pada hari Selasa, 10 Mei 2016, diikuti oleh 150 peserta yang dibagi ke dalam 3 ruang berbeda (Gu 613, GU 614 dan GU 615), dimana setiap ruangan diisi oleh ± 50 peserta. Kegiatan ini dimulai pkl 07.30 – 16.00 WIB, dengan materi pertama tentang Literasi dan peran pendidik PAUD; dan materi kedua tentang literasi keuangan.

Tahap II dilaksanakan pada hari Rabu, 11 Mei 2016, dengan jumlah peserta 150 peserta dan bertempat di kelas yang sama (GU 613, GU 614, dan GU 615). Dengan masing-masing ruangan diisi ± 50 peserta. Materi yang disampaikan sama seperti pada hari pertama, yaitu Literasi keuangan; dan literasi dan peran pendidik PAUD.

Hasil dari kegiatan workshop ini adalah meningkatkan kemampuan literasi anak pada usia dini. Dengan Read Aloud merupakan suatu cara yang efektif untuk anak-anak, karena kita mengondisikan otak anak untuk mengasosiasikan membaca sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan; menciptakan pengetahuan yang menjadi dasar bagi anak; membangun koleksi kata (vocabulary); memberikan reading role model.

Gambar 1. Sambutan Kaprodi PG PAUD Purwadi, S.Pd., M.Pd
Gambar 2. Pelaksanaan Kegiatan Reading Bugs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *