Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar merupakan calon  guru di sekolah dasar yang perlu meningkatkan dan mengembangkan personality yang lebih baik, Mahasiswa Program Studi  Pendidikan Guru Sekolah Dasar ikut andil dalam keterampilan Mahir Dasar(KMD), KMD merupakan salah satu pesyaratan yang harus dipenuhi sebelum sidang ujian skripsi.

Dalam rangka merealisasikan Program kerja Hima PGSD FIP Universitas PGRI Semarang maka perlu diadakan “Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar” yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi PGSD dan bekerjasama dengan PUSDIKLATCAB Candrabirawa Semarang Pramuka Kota Semarang untuk menjadikan generasi yang profesional dan bermutu.

Dalam acara kegiatan KMD PGSD tahun 2015 mencetak  490 pembina pramuka, dari kloter 1 berjumlah 240 mahasiswa dan pada kloter 2 berjumlah 250 mahasiswa. Untuk jumlah pelatihnya berjumlah 48 pelatih dengan pembagian masing-masing kloter 1 berjumlah 25 pelatih dan kloter 2 berjumlah 25 pelatih dikarenakan 2 pelatih tetap sebagai Pinsus dan Wapinsus. Untuk jumlah panitia terdiri 59 orang.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin-Kamis, tanggal 9 –19 Februari 2015 di Gedung Utama lantai 5. Untuk Gelombang pertama dilaksanakan pada hari Senin-Kamis pada tanggal 9 – 12 Februari 2015 sedangkan untuk Gelombang Kedua di dilaksanakan pada hari senin – kamis pada tanggal 16 – 19 Februari 2015. Kemudian untuk hari Sabtu – Minggu pada tanggal 21 – 22 Februari 2015 gelombang pertama dan gelombang kedua akan melaksanakan kegiatan di Lembaga Latihan Tempur TNI AD KODAM IV Diponegoro, Meteseh, Tembalang, Semarang. Sebelumnya pada hari Minggu, 1 Februari 2015 dilaksanakan Upacara Pembukaan di Gedung Pusat lantai 7 Universitas PGRI Semarang. Uapacara Pembukaan dibuka oleh perwakilan Ka. Kwarcab Kota Semarang. Dimulai dengan prosesi penyerahan peserta simbolik dari Prodi PGSD kepada Kwarcab Kota Semarang. Secara resmi kegiatan KMD dibuka dengan penyematan tanda peserta.

Kegiatan ini mulai pada hari Senin, 9 dan 16 Februari 2015 di laksanakan materi orientasi dan dinamika kelompok didampingi wali kelas masing-masing, dilanjutkan pretest yang diikuti peserta KMD. Peserta mendapatkan materi tentang UU dan AD/ART Gerakan Pramuka. Dilanjutkan materi tentang Pramuka, Sejarah Pramuka dan Pendidikan Kepramukaan serta tentang PDK dan MK. Tak ketinggalan juga dengan materi Keterampilan Kepramukaan.

Pada hari Selasa, 10 dan 17 Februari 2015 peserta  diberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina pramuka melalui kepramukaan dalam Satuan Pramuka yakni Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, Ambalan Penegak dan Racana Pandega. Peserta pun mendapatkan materi tentang Memahami peserta didik dan kebutuhannya, komunikasi dan bergaul dengan peserta didik, Kode kehormatan, Kiasan Dasar dan Motto Gerakan Pramuka, materi selanjutnya tentang Menciptakan kegiatan menarik, menyenangkan dan menantang agar menciptakan kegiatan yang tidak membosankan. Dan materi di lanjutkan kembali tentang Peran,Tugas dan tanggung jawab Pembina.

Hari Rabu, 11 dan 18 Februari 2015 di laksanakan materi tentang mengelola satuan, Pakaian seragram Pramuka dan tanda-tanda jabatan, kemudian peserta mendapatkan materi tentang Lambang gerakan Pramuka dan penggunaannya, pengembangan Jiwa kewirausahaan, selanjutnya peserta mendapatkan materi tentang Satuan Karya (SAKA), Dewan Satuan dan Forum SGTD. Peserta pun mendapatkan materi tentang cara membina dengan system among, Struktur organisasi Gerakan Pramuka dan MABI, Organisasi dan Administrasi Gugus Depan (Sismin Gudep), Kemudian peserta mendapatkan materi tentang Upacara dan permainan sebagai alat pendidik.

Hari Kamis, 12 dan 19 Februari 2015, dilaksanakan tekpram siaga tentang Upacara buka-tutup,latihan,cerita menarik, permainan, gerak lagu, sandi dasar, morse, semaphore, kompas, PBB dasar dan Upacara Pelantikan yang berupa praktek yang dilaksanakan di Halaman Gedung Utama dan Gedung Balairung Lantai 2 Universitas PGRI Semarang, Peserta kembali ke ruangan mendapatkan materi tentang Perlindungan Anak (UU No. 23 tahun 2002), SKU/TKU,SKK/TKK,SPG/TPG, cara menguji/melantik TKU,TKK,TPG, materi tentang NKRI,Lagu Kebangsaan,Bendera Merah Putih(UU No. 24/2009), Pengembangan Jiwa Kewiraan, kemudiaan peserta melaksanakan Post Test (Test Terakhir). Kemudian pada hari Jumat, 20 Februari 2015 dilaksanakan Upacara Pemberangkatan di Halaman Gedung Utama Universitas PGRI Semarang.

Pada hari Sabtu dan Minggu, 21 dan 22 Februari 2015 merupakan sebuah kegiatan penerapan untuk mencapai hasil maksimal melalui praktek-praktek diantaranya tekpram Penggalang (Upacara Buka-Tutup, Upacara pindah Golongan dan Pelantikan, Kompas dan Peta, Menaksir, Pioneering, Tali-temali), tekpram Penegak ( Upacara Buka-Tutup, Pelantikan Bantara, diskusi dan Problem Solving, Bakti Masyarakat dan Perencanaan Kegiatan, PBB, Kolone dan Pioneering). Agar Kegiatan ini menarik, maka diadakan Out door games manajemen dilanjutkan Rencana Tindak Lanjut (RTL)  dan Forum terbuka (Open Forum) sebagai catatan untuk masa depannya. Tak lupa juga diadakan Penghayatan Api Unggun, karena camping tak lengkap rasanya apabila tidak diadakan Penghayatan Api Unggun. Acara pun berakhir dengan adanya sebuah Pelantikan Pembina Profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *